RESUME KULIAH 1 PERILAKU KONSUMEN
HARI KAMIS, 12 FEBRUARI 2015 RK IKK 1-1
BAB I PENDAHULUAN
Mata kuliah Perilaku Konsumen membahas proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih, membeli, menggunakan da mengevaluasi barang dan jasa. Proses pengambilan keputusan ini dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen, seperti motivasi, kepribadian, persepsi dan sikap, serta proses komunikasi konsumen, juga lingkungan sosial dan budaya dari konsumen. Pemahaman terhadap faktor-faktor tersebut dapat bermanfaat bagi para pemasar atau produsen serta siapa pun yang berkepentingan dalam konsumen untuk mempengaruhi keputusan konsumen dan memperkirakan perilaku konsumen.
Konsumen merupakan pemakai dari barang dan jasa dengan memperhatikan harga dan kualitas. Adapun kegiatan menawar, mencari informasi, dan membandingkan serta dipengaruhi oleh persepsi, preferensi, sikap, dan motivasi pemakai dalam kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi mencakup memberikan, membuang, mendaur ulang, dan menjual kembali.
Terdapat beberapa pendapat mengenai perilaku konsumen, berikut simpulannya menurut Ujang Sumarwan, Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.
Jenis - Jenis Konsumen
Konsumen Individu : konsumsi untuk sendiri dan anggota keluarga.
Konsumen Organisasi : konsumsi untuk keberlangsungan kegiatan organisasi.
Perspektif Riset Perilaku Konsumen
1. Pengambilan Keputusan : Konsumen masalah dan proses dalam pengambilan keputusan
2. Ekspersiensial (Pengalaman) : Konsumen mengambil keputusan untuk kepuasan emosi
3. Pengaruh Behavioral : Konsumen mengambil keputusan berdasarkan faktor luar seperti pemasaran, budaya, lingkungan, dan ekonomi
Tahapan model keputusan konsumen mencakup pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen. Keputusan konsumen dipengaruhi oleh strategi pemasaran, perbedaan individu (motivasi, kepribadian, konsep diri, informasi, proses belajar, pengetahuan, sikap, agama) dan faktor lingkungan (budaya, keluarga, teknologi, kelompok, demografi, ekonomi sosial).
BAB II MOTIVASI
Motivasi merupakan dorongan yang muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan. Faktor fisiologis (dirasakan oleh kebutuhan pribadi konsumen) dan faktor luar konsumen. Kebutuhan terbagi atas dua yaitu primary needs dan acquired needs.
Seseorang konsumen harus memiliki tujuan dan tindakan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori kebutuhan (Maslow) meliputi aktualisasi diri, kebutuhan ego, kebutuhan sosial, kebutuhan rasa aman, kebutuhan fisiologis.
Dua aplikasi penting dari teori motivasi adalah segmentasi, yaitu produk atau jasa yang dipasarkan dapat diarahkan untuk pasar berdasarkan tingkat kebutuhan dan positioning, yaitu citra produk atau jasa yang ingin dilihat konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar